Perjalanan Ke Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas emang jadi tempat yang cocok buat kalian yang mau lari dari kepenatan kantor atau hiruk pikuk perkotaan. Bukan tanpa sebab, ketenangan pantai dan suasana kekeluargaan membuat pantai ini sangat direkomendasikan untuk pemulihan kinerja otak :D. Kita emang belum bisa move on dari pantai satu ini, kehangatan masyarakatnya yang bikin betah buat lama-lama tinggal di pantai ini. Selain itu, ombaknya yang cocok buat belajar surfing pas banget buat saya dan detri yang emang belum mahir banget main surfing.

Kalau mau ke pantai Batu Karas, saya biasanya pake motor soalnya lebih irit biaya tapi beberapa kali pernah juga pake kendaraan umum, itung-itung nambah pengalaman buat traveling :P. Pengennya sih naik pesawat, soalnya ada penerbangan Bandung-Pangandaran pake Susi Air cuma harga tiketnya 445 ribu sekali jalan, waktu tempuhnya cuma 4 jam kalau pake pesawat. Sayangnya sampai sekarang, saya masih belum pernah nyobain :(. Kalau mau pake bis umum, bisa naik Budiman dari terminal Cicaheum Bandung. Harga tiketnya 40 ribu buat yang non-AC dan 45 ribu buat yang AC, dua-duanya sama berhenti di terminal Pangandaran, berangkat dari Bandung jam 8 pagi. Terus dilanjut naik angkutan desa jurusan Pangandaran-Cijulang. Waktu itu harganya 5 ribu tapi pernah juga 15 ribu, tergantung keahlian nawar kaya ibu-ibu pasar atau enggak :P. Kalau naik bis, harus sedikit bersabar soalnya lama perjalanan 7 – 8 jam atau bisa juga lebih, gimana situasi di jalan sama amalan kalian.

Dua transportasi tadi persamaanya, kalian masih harus lanjut pake ojek buat sampai ke pantai Batu Karas. Soalnya Bandara Nusawiru, tempat si Susi landing lumayan masih jauh. Setengah jam buat sampai ke pintu masuk Batu Karas. Kalau dari terminal Cijulang ke pantai kurang lebih 15 menit naik ojek. Harga ojek dikisaran 10-25 ribu, lagi-lagi kalian harus punya keahlian buat nawar. Itulah kenapa kalau ibu kalian minta anter ke pasar jangan nolak, contek cara nawarnya gimana :D. Mau lebih enak, kalian bisa pake mobil travel Bandung-Batu Karas harganya sekitar 95 – 110 ribu buat sekali jalan tapi menurut pengalaman teman, itu lama banget soalnya harus nganter penumpang-penumpang lain sampai depan rumahnya segala :D.

Buat penginapan selama di pantai Batu Karas kalian bisa milih dari yang harga 100 ribu sampai 500 ribu juga ada. Tergantung kalian mau yang pakai AC atau cuma kipas angin aja, mau yang deket pantai atau jauh dari pantai, mau yang homestay atau hotel. Tempatnya yang tidak terlalu luas membuat penginapan berkumpul di lokasi yang mudah dijangkau dari pintu masuk. Saya saranin mending cari penginapan on the spot kalau bukan peaksession soalnya masih berlaku sistem tawar-menawar buat homestay. Nah, kalau kalian perginya pas peaksession mendingan booking dulu jauh-jauh hari biar kebagian kamar. Kalau saya biasa di penginapan yang harganya cuma 100 ribu karena kalau udah di Batu Karas, suka lebih dari 3 hari. Kalau milih yang mahal-mahal bisa jebol dompet :P.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s