Danau Kelimutu, Warisan Dunia Di Tanah Flores

Danau Kelimutu - Ende - Flores

Danau Kelimutu

Kelimutu merupakan salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO tetapi keberadaanya masih belum banyak diketahui orang banyak. Padahal danau yang memiliki 3 danau kawah dengan air danau yang selalu berubah warna sepanjang tahun pernah menjadi gambar di uang 5 ribu rupiah. Tempatnya yang jauh dari Pulau Jawa, membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke Kelimutu. Meskipun jauh tapi dijamin pengalaman yang didapat akan sebanding, untuk memaksimalkan waktu. Bisa juga berkunjung ke beberapa objek wisata lain seperti Pulau Komodo, desa wisata ataupun pantai-pantai cantik di Flores. Ya, Kelimutu berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. masih termasuk dalam Kabupaten Ende. Berada di ketinggian 1.630 meter diatas permukaan laut membuat udara disini masih segar dan alami, ditambah rimbunnya pepohonan selama perjalanan membuat mata menjadi lebih segar. Waktu terbaik untuk Kelimutu adalah pagi hari sekitar jam 5 subuh sebelum terbit fajar karena pemandangan sunrise di puncak Kelimutu memang tiada duanya. Jangan lupa siapkan jaket tebal, penutup kepala dan sarung tangan. Udara dinginnya lebih dari daerah puncak di Bogor :D.

Danau Kelimutu - Ende - Flores 2

Dua Danau Kelimutu, satu danau lagi terpisah

Golden Sunrise Danau Kelimutu

Golden sunrise Danau Kelimutu

Salah satu daya tarik lain dari Kelimutu adalah Festival Kelimutu. Acara tahunan yang digelar untuk menghormati leluhur biasa diadakan sekitar pertengahan tahun. Tahun ini Festival Kelimutu berlangsung pada tanggal 11 – 14 Agustus 2014. Selain itu, di Festival Kelimutu biasanya ada pameran kerajinan dari berbagai Kabupaten di Flores. Lumayan kan bisa buat oleh-oleh 🙂

Transportasi :

Perjalanan yang jauh dan ribuan kilometer. Sangat disarankan untuk menggunakan pesawat daripada harus menempuh jalur darat yang dapat menghabiskan waktu berhari-hari dijalan. Tidak ada maskapai yang langsung menuju Flores dari Bandung, jadimau tidak mau harus pindah pesawat. Tujuan pertama adalah Denpasar, Bali. Maskapai yang menyediakan penerbangan Bandung – Denpasar sudah banyak dengan kisaran harga 250 ribu – diatas 700 ribu, bisa menyesuaikan dengan budget. Dilanjutkan dengan penerbangan dari Denpasar menuju Ende kalau tujuannya Kelimutu saja. Maskapai yang melayani penerbangan dari Denpasar adalah Wings air, Skyaviation, Transnusa dan yang terbaru adalah Garuda Indonesia. Kisaran harga tiket dari Denpasar menuju Ende sekitar 900 ribu – 1, 5 juta tergantung musim dan promo dari maskapai. Untuk membandingkan harga tiket murah bisa cek di website Skyscanner atau Traveloka. Lama perjalanan sendiri kurang lebih 2,5 jam dan transit sekitar 15 menit di Bandara Komodo, Labuan Bajo sebelum akhirnya mendarat di Bandara Aboeroesman, Ende.

Jika tidak berniat untuk berkeliling kota Ende yang terdapat situs peninggalan Bung Karno tersebut. Kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Kelimutu menggunakan mobil travel atau ojek yang sudah siap sedia di depan Bandara dengan kisaran harga 50 ribu – 100 ribu untuk sekali jalan. Pemandangan selama perjalanan akan membuat kalian terkejut dan seperti dibawa ke dunia Jurassic Park dimana lembah, ngarai dan bukit menjadi teman sampai ke desa terakhir Moni.

Sampai di Desa Moni, bisa melanjutkan perjalanan menuju Kelimutu dengan berganti ojek atau sewa sepeda motor yang bisa kalian temukan di pinggir jalan dengan kisaran harga 100 ribu – 150 ribu untuk sewa motor.

Jalur tracking ke Danau Kelimutu

Jalur tracking ke Danau Kelimutu

Akomodasi:

Tidak ada penginapan di Kelimutu, pusat penginapan berada di Desa Moni. Sepanjang jalan berjejer jenis-jenis penginapan dengan harga yang bervariasi dari mulai 100 ribu – lebih dari 500 ribu pun tersedia. Pilihlah penginapan yang menyediakan air panas dan selimut untuk menghalau dingin ketika malam atau ketika mandi pagi hari sebelum berangkat ke Kelimutu.

Rumah makan dan restoran pun sudah banyak menyediakan menu-menu Indonesia – Eropa karena mayoritas traveler yang datang ke Kelimutu berasal dari luar negeri, untuk dalam negeri masih sangat.. sangat jarang sekali.

Jika kalian datang sebelum Jam 18.00, ada baiknya berkunjug ke TIC (Tourist Information Center) Moni untuk menanyakan informasi mengenai Kelimutu atau tempat-tempat wisata lain. Pada waktu-waktu tertentu, TIC Moni selalu membagi-bagikan peta wisata Kota Ende gratis. Lumayan kan, siapa tau pulang dari Kelimutu kalian berencana menjelajah Ende untuk melihat situs Bung Karno. Di TIC juga menyediakan beberapa souvenir khas Flores untuk dibawa pulang seperti kain tenun (ikat). 

Tourist Information Center (TIC) Moni - Kelimutu

Tourist Information Center (TIC) Moni – Kelimutu

TN. Kelimutu

Papan Informasi - Kelimutu

Papan Informasi Danau Kelimutu

Note:

1. Pastikan kalian sudah membawa uang kontan sebelum ke Kelimutu, ATM bisa ditemukan di Kota Ende, dekat Bandara. Soalnya selama perjalanan enggak akan ada ATM lagi.

2. Biasanya jika ada Festival Kelimutu, penginapan sudah di booking jauh-jauh hari oleh traveler. Jadi pastikan kalian sudah mendapat penginapan di Moni.

3. Jika butuh bantuan selama di Flores bisa menghubungi TIC (Tourist Information Center) Flores di 0381-23141

Advertisements

8 thoughts on “Danau Kelimutu, Warisan Dunia Di Tanah Flores

  1. keren! informatif banget postingannya. sangat bermanfaat buat yang mau kesana. semoga saya juga bisa kesampaian ke danau kelimutu yang ajaib ini, someday, aamiin 🙂

    Like

  2. Sunrise-nya benar-benar impian. Salah satu bucket list yang harus segera dicapai tahun ini. Amin.

    Like

  3. Jaraknya dari flores sampe ke kelimutu ini berapa jam perjalanan ya? 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s