Traveling Ke Karimun Jawa

Karimun Jawa yang termasuk ke dalam Kabupaten Jepara memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama surga bawah lautnya yang masih alami dan terjaga. Tak perlu bisa menyelam untuk dapat menikmati keindahan surga tersebut. Dengan snorkling saja sudah cukup membuat hati riang gembira :D. Sebenarnya, Karimun Jawa adalah nama pulau yang paling besar dan berpenghuni diantara gugusan pulau-pulau lain yang memiliki nama berbeda-beda. Lebih dari 10 pulau kecil yang berada di kawasan Karimun Jawa. Pusat wisata bisa kalian temukan di Karimun Jawa, dari mulai penginapan, hotel, restoran atau tempat jualan souvenir sudah lengkap disini. Mobil dan motor pun sudah banyak lalu lalang untuk mengantarkan wisatawan ke pelabuhan, dermaga atau sekedar berkeliling pulau. Beberapa agen travel sudah beroperasi, biasanya kantor mereka hanya perwakilan saja untuk mengurus wisatawan yang sudah memesan paket tur sebelum kedatangan.

Di Karimun Jawa kalian bisa tracking di bukit Joko Tuo untuk melihat pemandangan seisi pulau dari atas, indah banget apa lagi kalau lagi pas sunset, romantis. Enggak lama ko, cuma 30 menit tracking udah sampai ke puncak. Diatas bukit, ada fosil dari ikan paus yang disimpan di dalam gubuk terbuka. Nah.. loh, ko tiba-tiba ada paus di atas bukit? Kabarnya sih menurut cerita orang-orang itu peninggalan jaman dulu, saat Pulau Karimun Jawa masih berada dibawah laut. Lucunya, untuk bisa sampai puncak, harus bayar tiket 5 ribu perak. Padahal saya dan teman-teman datang waktu mau magrib, eh ternyata yang jaga tiket masih ada :D. Beres dari bukit Joko Tuo, jika masih ada waktu bisa jalan-jalan keliling Pulau Karimun Jawa. Sayangnya, saya enggak sempet buat keliling karena waktunya mepet banget. Kalau malam, bisa jalan-jalan santai ke alun-alun Karimun Jawa (Jangan ngarep alun-alun kaya di kota besar) yang jadi ajang berkumpulnya muda-mudi Karimun Jawa, disana juga banyak yang jualan makanan. Nongkrong-nongkrong cantik sambil ngobrol sama teman, ngemil jajanan khas Karimun Jawa jadi agenda wajib dan jangan terlewatkan.

Sunset di Karimun Jawa

Pemandangan pulau Karimun Jawa saat sunset dari atas bukit Joko Tuo

Tulang paus di bukit Joko Tuo, Karimun Jawa

Ini nih tulang paus yang ada di bukit Joko Tuo

Transportasi:

Jika kalian tinggal di Bandung, beberapa alternatif transportasi untuk ke Karimun Jawa bisa dicoba seperti naik bis atau kereta api. Jika berencana menggunakan bis, tujuan awal adalah Jepara. Beberapa perusahaan bis yang menyediakan trayek untuk tujuan Bandung – Jepara seperti Bis Budiman dan Bis Kramat Djati (dulu ada bis Nusantara tapi udah enggak sekarang 😦 ) dengan kisaran harga 95 ribu – 120 ribu. Lama perjalanan sekitar 18 Jam. Sedangkan jika memilih menggunakan kereta api, tujuan awal adalah Yogyakarta kemudian dilanjut menggunakan kereta api komuter ke arah Solo/Semarang, selebihnya bisa menggunakan bis untuk sampai ke Jepara.

Sebenarnya dari Semarang bisa langsung menuju Karimun Jawa dari Pelabuhan tetapi hanya tersedia kapal cepat yang harganya lumayan ‘mahal’ kalau dibandingkan naik kapal ‘ekonomi’ dari Jepara. Harganya sangat berbeda jauh, jika dari Jepara, tiket kapal hanya 31.500 tapi kapal cepat dari Semarang berada di kisaran harga 60 ribu hingga diatas 100 ribu.

Karena waktu itu libur lebaran, jadi pilihan jatuh ke kereta api ekonomi. Tapi tuhan berkehendak lain, ternyata harga tiket ke Yogyakarta naik dua kali lipat dari harga normal dan lebih parahnya lagi, tiket habis dua minggu sebelum berangkat. Jadi terpaksa harus cari alternatif jalur lain. Akhirnya, saya dan teman-teman naik kereta Kutojaya dengan tujuan Kroya karena menurut ‘ketidaktahuan’ yang dimiliki, bisa dilanjut ke Semarang/ Yogyakarta menggunakan bis. Tapi ternyata tidak semudah yang diperkiraan, sampai akhirnya kita kebingungan di Kroya. Ditambah kita harus terlantar di Semarang dan tidur di mushola sebelum matahari terbit. Meski begitu, saya jadi tahu kalau Lawang Sewu memang memiliki pintu yang buuuaaannnyyakk banget dan cerita mistisnya yang masih terkenang sampai sekarang. Sebelum akhirnya sampai di Jepara, Si Kota Ukiran.

Penunjuk jalan di Karimun Jawa

Akomodasi:

Penginapan di Karimun Jawa sebenarnya sudah banyak, jalan di Karimun Jawa yang kecil selain dipadati rumah penduduk, diselingi juga penginapan-penginapan. Kisaran harga 100 ribu – diatas 250 ribu juga ada. Menurut saya, pilih penginapan yang sederhana dan pakai kipas angin karena kita bakalan disibukan dengan keliling pulau-pulau kecil dari pagi sampai sore menjelang malam. Jadi, penginapan emang bener-bener buat istirahat dan tidur aja sebelum besok paginya keliling pulau lagi. Saya dan teman-teman yang sudah mempersiapkan trip jauh-jauh hari memilih menggunakan jasa agent buat penginapan sama trip pulau. Soalnya enggak mau ambil resiko buat terlantar lagi seperti di Semarang :D. Terus kalau trip pulau dan mendadak ikut pas udah sampai di Karimun Jawa, enggak enaknya kita bakalan satu perahu sama rombongan lain (kecuali rombongan kalian lebih dari 10 orang), pertama. Dan kedua, besar kemungkinan enggak dapat perahu soalnya orang-orang juga udah pada booking duluan.

Buat beli souvenir Karimun Jawa, ada tempat khusus. Kios-kios kecil berjejer menjual barang dagangannya. Ada baju, kerajinan tangan sampai gantungan kunci. Letaknya sih di tengah-tengah Pulau. Tanya aja sama orang pasti pada tau. Tips buat belanja di Karimun Jawa, perkuatlah skill menawar kalian. Soalnya harga yang ditawarin suka dua atau tiga kali lipat dari harga sebenarnya. Kalau urusan perut, warung nasi sudah banyak disana. Jadi, kalau ketemu terus keliatan enak langsung masuk aja. Kisaran harganya sama kaya di Bandung ko..

Advertisements

One thought on “Traveling Ke Karimun Jawa

  1. Pengen ke karimun jawa juga, tapi kesana naik pesawat 😀 pengen ngerasain naik pesawat kecil itu gimana rasanya :))

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s