Surya Kencana, Pelepas Lelah Perjalanan Panjang

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan taman nasional yang terletak diantara Cipanas, Cibodas dan Sukabumi, cuma itu yang saya tau sebelum memutuskan buat hiking kesini. Ada dua gunung yang jadi favorit para pendaki, pertama Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Lokasinya deketan, kaya sodaraan gitu tapi masing-masing gunung beda medan dan karakteristik. Buat yang udah berpengalaman biasanya lebih banyak milih Gunung Pangrango tapi buat pemula kaya saya, kebanyakan milih Gunung Gede yang medannya enggak terlalu susah tapi banyak juga ko yang udah berpengalaman naik Gunung Gede, berkali-kali malah kaya temen-temen baru saya dari Cipanas.

Beberapa cobaan sebelum sampe pos pendakian gunung putri udah nyamperin kita duluan, macet selama perjalanan dari Bandung menuju Cipanas sama supir angkot yang nyerah karena jalan menuju pos pendakian rusak parah, katanya dulu enggak kaya gitu. Jadi pas dari Cipanas supir angkot ini iya-iya aja tapi sekarang tambah jelek katanya. Emang sih jelek banget, tambah kesel pula karena si supir kaya enggak tanggung jawab nurunin kita pinggir jalan, masih nagih ongkos lagi setengahnya. Mau ngambil foto enggak kepikiran. Pikiran saya sama teman-teman saat itu, gimana caranya dapat mobil, becak atau apalah buat ngangkut kita semua ke pos pendakian. Ada beberapa sih mobil bak terbuka yang lalu lalang bawa sayuran. Tangguh banget mobil-mobilnya tapi enggak ada yang kosong. Jadi, kita harus nunggu sampe ada mobil yang enggak bawa sayuran dan mau numpangin kita sampai ke pos pendakian, tentunya dengan bayaran :D.

Continue Reading

Advertisements

Dinginnya Cipanas, Titik Awal Pendakian Gunung Gede

Ini adalah lanjutan dari cerita perjalanan saya ke Gunung Gede Pangrango, cerita sebelumnya bisa kalian baca disini

Kita sampe di Ramayana Cianjur sekitar jam 21.00. Turun dari bis kita langsung pindah ke angkot jurusan Cianjur-Cipanas. Oh ya, kalian perlu ekstra hati-hati kalau naik angkot jurusan ini, soalnya kenapa? Jalan yang bakalan dilaluin kurang penerangan dan sepi, usahain bareng temen atau paling engga nyari angkot yang penuh. Biar engga was-was.
Setengah jam di angkot, cuma ada kita bertiga ditambah dua orang ibu-ibu yang naik barengan dari Cianjur. Engga langsung ke rumah Santi tapi kita ke minimarket dulu buat beli perbekalan besok. Beres ‘belanja’ kita langsung naik lagi angkot buat sampe ke rumah Santi. Jarak dari minimarket ke rumah Santi cuma 10 menit tapi..
Continue Reading

Maenan Baru, Mendaki Gunung Gede!

Sebenarnya ini perjalan yg paling ditunggu-tunggu. Hampir 6 tahun lebih kita cuma traveling ke pantai atau sungai. Naik gunung? Sedikit was-was sebenarnya. Butuh ekstra energi untuk dapat sampai ke puncak, yang tentunya harus tracking dulu selama beberapa jam.

Bulan Juni kemarin, yang awalnya cuma nanya temen “minggu depan ada yang naik gunung g ya?”, tiba-tiba si temen langsung bilang. “Iya tuh, si Santi mau naik bareng temenya”. Tanpa basa basi langsung text Santi buat nanya info soal rencananya naik gunung gede.

Continue Reading